Pendidikan IPA kelas 1

Kamis, 12 Januari 2012

1           Bab-bab tentang Materi;
1)      Mengenal diri sendiri
                                                            a.      Ayo berkenalan
                                                            b.      Mengenal anggota tubuh
                                                             c.      Kegunaan anggota tubuh
                                                            d.      Cara merawat anggota tubuh
2)      Kebersihan dan kesehatan tubuh
                                                            a.      Kebutuhan tubuh
                                                            b.      Membiasakan hidup sehat
3)      Memelihara lingkungan
                                                            a.      Lingkungan sehat dan tidak sehat
                                                            b.      Cara memelihara lingkungan
4)      Mengenal benda disekitar kita
                                                            a.      Ciri-ciri benda
                                                            b.      Bentuk benda dapat berubah bentuknya
                                                             c.      Kegunaan benda
5)      Gerak Benda
                                                            a.      Benda mudah bergerak dan benda sulit bergerak
                                                            b.      Mengamati gerak benda
                                                             c.      Bentuk gerak benda
                                                            d.      Penyebab benda bergerak
                                                            e.      Sumber-sumber energi gerak
6)      Mengenal benda langit
                                                            a.      Mengenal benda langit pada malam hari
                                                            b.      Mengenal benda langit pada siang hari
7)      Mengenal musim dan cuaca
                                                            a.      Musim hujan
                                                            b.      Kegiatan manusia pada musim hujan
                                                             c.      Pengaruh musim panas atau kemarau
                                                            d.      Kegiatan manusia pada musim kemarau
BAB 1
Mengenal diri sendiri
1)      Ayo berkenalan
Kegiatan  yang dilakukan adalah mengenalkan diri kepada teman sebangku dengan menyebutkan nama dan alamat rumah.
Kegiatan ini menggunakan strategi pembelajaran  “Active Knowledge Sharing” atau Saling Tukar Ilmu Pengetahuan , hal ini merupakan cara yang bagus untuk menarik perhatian siswa dengan segera pada materi pembelajaran dan sekaligus untuk mengukur tingkat kemampuan berbicara mereka.
2)      Mengenal anggota tubuh
Kegiatan  yang dilakukan adalah bernyanyi, menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”.
Dalam kegiatan bernyanyi tersebut peserta didik dapat lebih mudah menghapal nama-nama  anggota tubuhnya. Dan pada saat bernyanyi peserta didik diminta untuk memegang anggota tubuhnya sesusi dengan apa yang ia sebutkan pada nyanyian itu. Sehingga kami menganalisis bahwa materi ini cocok disampaikan menggunakan metode “Inquiry”. Metode yang mempersiapkan peserta didik pada situasi untuk melakukan eksperimen sendiri secara luas agar melihat apa yang terjadi, ingin melakukan sesuatu , mengajukan pertanyaan-pertanyaan, dan mencari jawabannya sendiri, serta menghubungkan penemuan yang satu dengan penemuan yang lain, membandingkan apa yang ditemukan dengan yang ditemukan peserta didik lain.
3)      Kegunaan anggota tubuh
Kegiatan yang dilakukan adalah memperagakan fungsi anggota tubuh, contoh yang diambil misalnya siswa diperintahkan untuk memejamkan matanya. Dengan demikian siswa mengetahui bahwa mata berfungsi untuk melihat.
Kegiatan ini merupakan metode “Demonstrasi”, dan ini merupakan metode yang sangat efektif sebab membantu siswa untuk mencar jawaban dengan usaha sendiri berdasarkan fakta atau data yang benar. Metode ini merupakan metode metode penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu, baik sebenarnya atau hanya sekedar tiruan. Demonstrasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, dari yang sekedar memberikan pengetahuan yang sudah diterima begitu saja oleh peserta didik, sampai pada cara agar peserta didik dapat memecahkan suatu masalah.
4)      Cara merawat anggota tubuh
Kegiatan yang dilakukan adalah mencocokan gambar yang satu dengan yang lainnya atau “picture to picture”. Kegiatan ini dapat melatih  kemampuan berpikir peserta didik dalam mengingat pelajaran yang telah disampaikan, serta mampu menilai seberapa jauh pemahaman yang peserta didik itu terima.

BAB 2
Kebersihan Dan Kesehatan Tubuh
1)      Kebutuhan tubuh
Kegiatan yang dilakukan berupa bercerita didepan kelas, siswa diperintahkan untuk menceritakan kembali sebuah bacaan yang mereka baca sebelumnya. Adapun strategi yang digunakan adalah “Reading Aloud” atau membaca dengan keras, disini siswa diminta untuk bercerita maju didepan kelas. Hal ini membantu peserta didik untuk lebih memotivasi siswa dalam pemebelajaran aktif secara individu.
2)      Membiasakan hidup sehat
Kegiatan yang dilakukan pada materi ini  berupa menyimak  sebuah cerita dengan menggunakan strategi “Reading Guide” atau bacaan terbimbing

BAB 5
Gerak Benda
1)      Benda mudah bergerak dan benda sulit bergerak
Kegiatan 1.1 seperti yang ada pada halaman 86. Kegiatan yang dilakukan siswa yakni mendorong kelereng dan dadu dilantai. Kegiatan ini menggunakan metode “Demonstrasi”, dengan cara siswa mendorong kelereng atau dadu tersebut ke lantai maka siswa akan mengetahui bahwa kelereng bisa dimasukkan ke golongan benda yang mudah bergerak dan dadu termasuk ke golongan benda yang sulit bergerak. Dan akhirnya siswa dapat mengambil kesimpulan bahwa benda bulat lebih mudah bergerak daripada benda kotak.


2)      Sumber-sumber energi gerak
·         Kegiatan 1.2 seperti yang ada pada halaman 94. Kegiatan yang dilakukan siswa adalah menekan ujung atas bolpoin. Kegiatan ini menggunakan metode “Demonstrasi”, yakni siswa mendemonstrasikan kegiatan menekan ujung atas bolpoin, dalam hal itu siswa mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi didalam bolpoin. Dengan menggunakan metode demonstrasi ini, siswa akan membongkar bolpoin dengan dibimbing. Maka siswa akan tahu bahwa yang terjadi didalam bolpoin itu terdapat per atau pegas, dan jika per tersebut ditekan maka bolpoin akan bisa digunakan.
·         Kegiatan 1.3 seperti yang ada pada halaman 95. Kegiatan yang dilakukan siswa yakni mendekatkan magnet dengan paku. Kegiatan ini menggunakan metode “Demonstrasi”, yakni siswa mencoba mendekatkan magnet dengan paku. Dan ternyata hasilnya magnet dapat menarik paku tersebut dengan demikian siswa dapat mengetahui magnet juga dapat menyebabkan benda bergerak.

BAB 7
Mengenal musim dan cuaca
1)      Musim hujan
2)      Kegiatan manusia pada musim hujan
3)      Pengaruh musim panas atau kemarau
4)      Kegiatan manusia pada musim kemarau
BAB 5
Gerak Benda
                                                            1)      Benda mudah bergerak dan benda sulit bergerak
                                                            2)      Mengamati gerak benda
                                                            3)      Bentuk gerak benda
                                                            4)      Penyebab benda bergerak
                                                            5)      Sumber-sumber energi gerak

0 komentar:

Poskan Komentar

tolong komentarnya yah...
terimakasih karena telah berkunjung